Jumat, 13 Juni 2008

Class Meeting MAN 1 SPn


Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan MAN 1 Sungai Penuh yang diselenggarakan satu minggu sebelum penyerahan rapor. Kegiatan yang diadakan tiap tahunnya ini merupakan sarana bagi siswa untuk dapat menyalurkan bakatnya di bidang olahraga, seni, maupun keagamaan. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menyaring siswa yang berbakat tersebut untuk selanjutnya mendapatkan pengajaran dan bimbingan oleh guru maupun tenaga pengajar dari luar agar menjadi lebih professional. Dan apabila telah dibimbing lebih lanjut, siswa itu yang akhirnya dikirim ke perlombaan maupun kegiatan yang diselenggarakan oleh Kabupaten maupun Provinsi...

Tidak tanggung-tanggung, MAN 1 Sungai Penuh membuka 13 cabang perlombaan pada classmeeting tahun ini yang mana ke-13 cabang tersebut dibagi menjadi tiga kategori; olahraga, seni dan keagamaan. Bidang olahraga terdiri dari : Bulu Tangkis, Catur, Tenis Meja, Volly Ball, dan Lari jarak menengah. Bidang Seni terdiri dari : Kaligrafi, Seni Lukis, Drama, dan Lagu Daerah. Bidang Keagamaan terdiri dari : Pidato 3 Bahasa, Tilawatil Qur’an, dan Fahmil Qur’an. Pertandingan yang diadakan selama satu minggu ini berlangsung sangat meriah. Pasalnya, Madrasah memberikan embel-embel berupa hadiah bagi supporter tiap kelas yang bersemangat mengikuti acara ini. Sorak-sorai pun tidak tertahankan. Apalagi ketika Volly Ball diselenggarakan, para siswa sangat antusias.

Acara ini tidaklah asing bagi para siswa karena perlombaan ini sendiri merupakan kegiatan puncak tahunan untuk menunjukkan kemampuan mereka sesuai bidang yang mereka kuasai. Kegiatan yang diperlombakan sebenarnya merupakan kegiatan mingguan yang memang telah dicanangkan oleh MAN 1. Setiap hari Sabtu, agenda kegiatan MAN 1 adalah “Pengembangan Bakat”, yang mana kegiatan seperti yang diperlombakan di atas menjadi kelas-kelas bakat tersendiri. Jadi para siswa, pada hari Sabtu, berkumpul di kelas bakat masing-masing untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan teman-teman yang memiliki bakat yang sama dengannya.

Ustaz. Idaman huri, S.Ag, seorang Khattath yang telah mengikuti berbagai even MTQ, menjadi juri pada perlombaan cabang Kaligrafi. Beliau menyatakan bahwa kemampuan siswa MAN 1 dalam kegiatan kaligrafi sudah cukup baik. Namun akan lebih baik jika mereka difasilitasi oleh Madrasah dalam hal pengadaan alat-alat yang diperlukan dalam kaligrafi.

MAN 1 Sungai Penuh hingga kini masih terus berupaya untuk menyediakan fasilitas pendidikan dan pembelajaran selengkap-lengkapnya bagi para siswa. Sesuai dengan visinya sendiri Terwujudnya Madrasah yang Bermutu, Terampil, Berakhlakul Karimah dan Berwawasan Nasional.

Tidak ada komentar: